Masa Untuk Merenungkan Misteri Penciptaan

Sejak tahun 2015 yang lalu, Paus Fransiskus telah menetapkan tanggal 1 September sampai dengan 4 Oktober sebagai Masa Penciptaan (Season of...

Sejak tahun 2015 yang lalu, Paus Fransiskus telah menetapkan tanggal 1 September sampai dengan 4 Oktober sebagai Masa Penciptaan (Season of Creation). Pada kesempatan ini Gereja diajak untuk merenungkan misteri penciptaan yang di dalamnya termaktub dasar-dasar keselamatan dan pengudusan yang dilakukan oleh Allah bagi seluruh ciptaan.



Seperti tahun sebelumnya, perayaan Masa Penciptaan pada tahun 2016 ini diawali dengan Hari Doa Sedunia bagi Pemeliharaan Ciptaan (World Day of Prayer for Creation) yang dilaksanakan pada tanggal 1 September. Kemudian setiap Minggu sebelum tanggal 4 Oktober, yang tahun ini ada lima kali, Gereja merenungkan tema-tema yang berhubungan dengan lingkungan hidup, yakni: Minggu Samudera (4 September), Minggu Flora dan Fauna (11 September), Minggu Badai (18 September), Minggu Kosmos (25 September) dan Minggu Pemberkatan Binatang atau ternak piaraan (2 Oktober).

Bila tanggal 1 September merupakan pembukaan Masa Penciptaan, maka tanggal 4 Oktober merupakan puncaknya, tepat pada Hari Raya St. Fransiskus Assisi yang merupakan Pelindung Lingkungan Hidup.

Apa saja yang dapat dilakukan selama Masa Penciptaan ini?
  1. Membahas dan merenungkan Ensiklik Laudato Si hingga sampai pada aksi nyata.
  2. Menggalakkan program Go Green (penghijauan) di paroki, komunitas, sekolah, keluarga dan sebagainya.
  3. Berupaya hidup sederhana dan mengurangi penggunaan benda atau peralatan yang menghasilkan emisi.
  4. Menghindari investasi keuangan pada karya yang menimbulkan kerusakan lingkungan hidup.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di http://seasonofcreation.org/ dan http://seasonofcreation.com/


Frans R. Zai

Related

Feature 609759498994137008

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Populer

Recent

Comments

item